Photobucket Photobucket
LASQI-LPPSN
*** MEMBUKA WAWASAN TENTANG DUNIA NASYID PERKUSI SECARA KHUSUS DAN MENGULAS KONSEP MUSIK SECARA UMUM *** INSIGHT ON OPENING NASHEED PERCUSSION SPECIFICALLY AND TALK ABOUT THINGS RELATINGS MUSIC WITH GENERALLY *** BERBAGI PENGETAHUAN DAN PENGALAMAN DALAM KHASANAH NASYID PERKUSI *** SHARING KNOWLEDGE AND EXPERIENCE IN NASHEED PERCUSSION REPERTOIRE *** BERBAGI PENGETAHUAN, PENGALAMAN, BERITA, DAN APAPUN YANG MEMBERI PENCERAHAN DAN HARAPAN PADA PENCAPAIAN TERBAIK *** SHARING KNOWLEDGE, EXPERIENCE, NEWS, AND EVERYTHING THAT CAN GIVE ENLIGHTENING AND EXPECTATIONS ON BEST ACHIEVEMENT ***

Sabtu, 22 Januari 2011

KOOR PADA SENI NASYID PERKUSI

Assalamu'alaikum wr.wb.

Koor merupakan pemaduan suara (blending voice) yang menitik beratkan pada konsep keharmonisan dari berbagai timbre sehingga terbentuklah suara yang padu. Dalam hal ini, koor dalam dunia nasyid perkusi berbentuk homotone karena pria dan wanita tidak koor bersama. Jika pria dan wanita berada dalam satu koor maka akan berbentuk heterotone. Suara pria terbagi atas tiga jenis yaitu bass, bariton dan tenor. Sedangkan suara wanita juga terdiri atas tiga jenis yaitu alto, mezosoprano dan soprano.

Koor yang baik di dalamnya tidak harus terdiri atas tiga jenis suara. Yang perlu diperhatikan adalah intonasi dari setiap bagian suara yang berbeda. Suara nyaring lebih tepatnya diletakkan pada bagian oktaf atau falseto, hal ini untuk menghindari terjadinya dominasi suara. Suara terbanyak adalah suara dasar yang terdiri atas tone awal musikal yang bersandar pada tone solois. Tone awal akan menentukan jenis suara dasar apakah akan terdiri dari suara bass, bariton atau tenor. Dengan kategori nasyid putra, dengan suara dasar bass maka yang ideal adalah 60% suara dasar dari jumlah total voice, sedangkan 40% terdiri atas suara bariton dan tenor/oktaf. Namun bila intensitas suara dasar tidak mampu mendominasi total voice maka jumlahnya dapat ditingkatkan menjadi 70%. Sedangkan 20% diisi oleh suara bariton dan 10% diisi oleh tenor/oktaf. Dalam kategori nasyid putri, dengan suara dasar alto maka yang ideal juga 60% suara dasar dari jumlah total voice, 40% terdiri atas suara mezosoprano dan soprano/oktaf. Namun bila intensitas suara dasar tidak mampu mendominasi total voice maka jumlahnya dapat ditingkatkan menjadi 70%. Sedangkan 20% diisi oleh suara mezosoprano dan 10% diisi oleh soprano/oktaf.

Wassalamu'alaikum wr.wb.

(dari berbagai sumber)